2/27/12

SEWA MENYEWA



Definisi
Sewa menyewa adalah suatu perjanjian dengan mana pihak yang satu mengikatkan dirinya untuk memberikan kepada puhak lain nya kenikmatan dari suatu barang, selama suaru waktu tertentu dan dengan pembayaran suatu harga yang oleh pihak yang tersebut terakhir disangvupu pembayannya. Merupakan Perjanjian Konsensui.

Kewajiban-kewajiban para pihak

Menyewakan
a. Menyerahkan barang yang disewakan kepada si penyewa
b. Memelihara barang yang disewakan sehingga dapat dipakai
c. Memberikan kenikmatan tentram daei barang yang disewakan selama berlangsungnya persewaan.

Penyewa
a. Memakai barang yang disewakan dengan baik
b. Membayar harga sewa pada waktu-waktu yang relah ditentukan menurut perjanjian.

Resiko dalam sewa menyewa
Kewajiban memikul kerugian yang disebabkan oleh suatu kejadian diluar kesalahan salah satu pihak, apabila barang yang disewa itu musnah karena suatu peristiwa yang terjadi diluar kesalahan salah satu pihak maka perjanjian sewa menyewa gugur demi hukum.

Gangguan dari pihak ketiga
Apabila orang pihak ketiga sampai menggugat si penyewa dimuka Pengadilan, maka si penyewa dapat menuntut supaya pihak yang menyewakan ditarik sebagai pihak dalm perkaea perdata itu untuk melindungi di penyewa.

Mengulang sewakan
Si penyewa jika kepadanya tidak diperizinkan oleh pemilik barang tidak diperbolehkan mengulang sewakan barang yang disewakan barang yang disewakan maupun melepaskan sewanya kepada orang lain.
Jika yang disewakan itu sebuah rumah tempat tinggal yang didiami sendiei oleh sipenyewa, maka dapatlah ua, atas tanggung jawab sendiri menyewakan sebagian kepada orang lain kecuali kalau kekuasaan itu telah dilarang dalam perjanjian sewanya.

Saat terjadinya perjanjian sewa menyewa
Sewa menyewa merupakan Perjanjian Konsensui, jika perjanjian diadakan secara tertulis , maka sewa menyewa berakhir demi hukum apabila waktu yang ditentukan sudah habis, tanpa diperlukan pembeeritahuan pemberhentian untuk itu. Sebaliknya jika perjanjian diadakan secara lisan, maka sewa menyewa berakhir demi hukum apabila pihak yang menyewakan memberitahukan kepada sipenyewa bahwa ua hendak memberhentikan sewanya, pemberitahuan mana harus dilakukan dengan mengindahkan jangka waktu yang dihaeuskan menurut kebiasaan setempat. jika tidak ada pemberitahuan seperti itu, maka dianggaplah bahwa sewa menyewa itu diperpanjang untuk waktu yang sama.

From : Dewi Mayaningsih S.H

No comments:

Post a Comment